Tipe - Tipe Orang Tua Berdasarkan Minat Terhadap Liburan

06.42

http://indotopinfo.com/wp-content/uploads/Mengisi-Liburan-Bersama-Anak1.jpg

Libur telah tibaa….. libur telah tiba… libur telah tiba… Hore… Hore.. Bila si kecil panas.
Oke ini gak nyambung. Yang lagi nyambung sekarang emang lagi waktunya liburan -walaupun tinggal sehari-. Liburan natal, liburan akhir tahun, liburan tahun baru, sampe liburan lebaran. Iya, liburannya orang Kristen—dan semua agama ikutan libur juga--. Semua orang didunia ini mungkin lagi liburan, kecuali malaikat Rakib & Atid, mbak-mbak operator seluler, om-om penjaga roller coaster, sama jomblo-jomblo kere yang gak punya cicis (re: duit).

Ngomong-ngomong soal cicis, kita yang notabene berstatus sebagai jomblo hina pelajar (cermin ke diri gue ajalah ya) tentunya masih sangat bergantung sama orang tua. Karena liburan atau tidaknya kita bergantung sama cicis dan izin orang tua. Dan karena Ridho Rhoma itu anaknya Rhoma Irama. Betul tidak, kecebong puber?

Nah kali ini, gue akan ngebahas tipe-tipe orang tua berdasarkan minat terhadap liburan. Cek dis aut!

1. Orang Tua Super
Tipe pertama ini umunya tipe orang tua yang menaruh minat yang tinggi terhadap liburan. Orang tua yang termasuk pada tipe ini adalah bukan dari kalangan super hero, melainkan orang tua dengan pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar, misalnya peternak telor tyrex, pemulung kerikil emas Belgian, dll. Tentunya dengan penghasilan diatas awan rata-rata. Mereka yang enak liat client dan karyawan yang kerja gak becus pengen memusnahkannya dengan liburan.

Destinasi liburan mereka juga diluar dugaan. “Nak, naik gunung di sungai Amazon, yuk. Seru tuh!” atau “Mancing di gunung Everest yuk?” BEUH. Antara antimainstream, ekstrim sama bego emang beda tipis ya. Orang tua-orang tua semacam ini biasanya nyusun rencana dadakan, gak peduli ngeluarin cicis segudang sekalipun. Secara, orang kaya. Mau ngapain juga ada anunya. Cicisnya maksud gue. Orang tua seperti inilah yang diinginkan semua remaja labil yang males dugem di Balqis.

2. Orang Tua Gaul
“Emang kamu doang yang bisa upload foto pake editan fisheye di Instagram, Mamah juga bisa”. Begitulah celetuk MamaGram (Mama Instagram) ke anak ABGnya. Gak cuma anaknya doang yang bisa pamer foto di social media sana-sini, check in Path di semua tempat. Orang tua mereka juga gak mau kalah.

Orang tua genus ini bisa dibilang melek teknologi. Mereka paling update tentang yang lagi angetan dibicarain banyak orang, termasuk objek-objek wisata yang sering muncul di tv. Tujuan mereka gak cuma pengen seneng-seneng liburan, tapi lebih ke pengen menuh-menuhin album foto, alias eksis. Minat mereka juga cuma sebatas biar bisa pamer dan bikin iri ibu-ibu arisan, temen kantor dan perkumpulan tukang sayur.

3. Orang Tua Setengah-Setengah
Orang tua-orang tua pada tipe ini merupakan gabungan setengahnya dari orang tua-orang tua di tipe-tipe sebelumnya. Mereka gak bekerja di perusahaan-perusahaan dengan gak ada lift nomer 13, penghasilan mereka juga gak tinggi-tinggi aja dan gak rendah-rendah aja (karena ‘banget’ udah mainstream). Gak gaul-gaul aja juga kaya tipe kedua, alias gak nenteng-nenteng iPad buat selfie di kamar mandi.

Ini tipe orang tua gue aja (sekali lagi, ‘banget’ itu mainstream). Pasalnya, mereka gak pernah ada inisiatif buat ngajak pergi liburan kalo lagi liburan, apalagi hari-hari biasa. Misalnya, “Dek, ke Puncak, yuk. Mumpung lagi mencret macet, banyak tv nasional lagi ngeliput. Barangkali aja kita masuk tv Sesar.” Engga sama sekali. Tapi mereka sesekali liat berita di tv tentang arus lalu lintas liburan sambil makan tahu pong, tanpa berkomentar sedikit pun.

Prinsip mereka biasanya ‘investasi masa depan’, lebih tepatnya ngirit-ngirit-pelit-gak-mau-ngeluarin-duit gitu deh. Dengan bijaknya mereka bilang, “Udah ntar aja liburannya, nabung aja dulu buat sekolah kamu. Kakak kamu bentar lagi kuliahnya mau praktikum bedah Barbie, adek kamu baru mau masuk sekolah mili-liter. Nanti kalo Papah sama Mamah udah gak ada, siapa yang bakal biayain kalian? Kasir Dufan?”. Kalo di pikir-pikir ada benernya juga sih. *sungkem*

4. Orang Tua Gak Super, Gak Gaul dan Gak Setengah-Setengah
Judul tipenya udah kayak iklan kopi aja ya (yang mudeng-mudeng aja). Menurut gue, tipe inilah yang paling super. “Loh kok gitu? Kan masuknya aja tipe gak super. Gimana sih, sih?” Weits kalem-kalem. Orang kalem, pantatnya kelem. Maksud gue, orang tua-orang tua seperti ini biasanya mereka yang (punten) kurang mampu. A.k.a gak punya minat dan niat liburan sama sekali, kalaupun punya juga pasti cuma seujung kelingkingnya Daus Mini masih bayi. Sedikit.

Tapi, mereka menjanjikan masa depan yang cerah, secerah jidat Ratu Atut yang bikin atut preman yang suka malakin permen. Contohnya, ketika anaknya ngerengek minta pergi liburan, maka dengan penuh kasih sayang mereka bakal jawab, “Maafin Ayah Ibu ya, nak. Kita gak bisa liburan seperti yang lain. Buat makan aja kita susah. Liburan ke perempatan lampu merah aja, yuk. Sekalian ngelapin kaca mobil pejabat. Siapa tau kelak kamu akan jadi makelar yang nangkepin pejabat-pejabat korupsi dan punya mobil banyak sampe kerikil-kerikil aspalnya.” Sungguh mulia, bukan?

Itu aja sih yang bisa gue cablak-in. Sebenernya masih banyak tipe-tipe orang tua lain yang ada di muka penuh jerawat bumi ini. Liburan gak liburan, yang paling penting kita masih punya tempat tinggal buat bangun siang pas liburan. Iye gak? Iye aje dah.

Jadi, tipe mana yang mirip orang tua kamu?

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images