Yang dilakuin umat agama lain di hari Natal

01.28



Liburan akhir semester satu buat anak sekolah pasti jatuh cinta di bulan Desember. Desember sendiri itu adanya di akhir tahun, otomatis deket sama tahun baru (Gue tau, ini prolog basa-basi yang sangat basi). Sebelum tanggal 1 Januari, tentu ada hari-hari sebelumnya yang kita lewati  bersama di bawah rintik hujan kota mangga ini. Semua itu bermula ketika aku bertemu dengan pria tambun, berewok dan tertinggal klungsu (yang gatau ber-wiki-lah....kepada orang jawa) di giginya. Kan ngaco kan, elu sih gak bisa move on. Lanjut cantik lagi ke hari atau tanggal-tanggal sebelum tanggal 1 Januari, ada 31 Desember, 30 Desember, 29 Desember, 28 Desember... dan yak sebentar lagi.. 27 Desember.. Saraswati melempar bola ke angkasa.. kemudian ada 26 Desember... dan apa yang terjadi....... *lighting di gelapin* *backsound jangkrik demo di kencengin* *nafas gak karuan* *mata melotot perlahan* *kepala mondar-mandir nyari cewek 36B*
Hening.
Heningg.
Heninggg.
Dan.
Gol.
25 Januari bertemu~ menjalani kisah cinta ini~
Eh 25 Desember.
Hari Natal.
Tamat.
*lighting beneran mati* *ternyata lagi hujan gede* *koslet listrik* *salahkan PeeLeN atas semua ini* *padahal bokap gue lagi asik nongton Manusia Harimau*

GAK DENG!
Udeh  lah langsung aja nyambung sama judulnya. Karena Natal itu yang ngerayain cuma orang kristiani dan kristiawan, jadi apa aja sih yang dilakuin umat agama lain (Islam, Budha, Konghucu, Penyembah Botol, dan lupa lagi) di hari Natal?

1. Ngeramein timeline
Dipenghujung tahun gini, apalagi pas banget sama momen liburan, ditambah lagi Natal-an adalah sasaran empuk nan hangat buat para jomblo atau bahasa manusiawinya “Orang yang terlalu lama sendiri sehingga lupa bagaimana menggunakan sabun mandi dengan baik dan benar” yang gak liburan kemana-mana, orang tua masih sibuk kerja, gak punya ‘pegangan hidup’ dan gak tau harus ngelakuin apa buat masa depannya. Jadilah ia (dengan kesendiriannya) berkeliaran dengan ganas di timeline media social apapun, entah bacot iseng (cocok nih jadi username twitter “@bacotiseng”, btw) nggak jelas, ngetweet lelucon garing atau semacam orang pengangguran cinta mencari serpihan hati yang kosong. Bahkan biasanya ada sebagian orang yang mencari popularitas singkat dengan cara membanding-bandingkan bahwa agama mereka yang paling benar, atau cuma sekedar memperdebatkan hal kecil seperti hukumnya orang Islam ngucapin Selamat Natal atau bikin twitwar yang menggemparkan seluruh isi kota Casablanca, contohnya gini:


2. Mantengin tv
Arcitiai, escitivsi, terangs tv, terangs toejoeh, dan gelobal tipi adalah stasiun tv langganan yang nanyangin film-film seru (lebih seringnya ngebosenin dan itu-itu aja sih) yang bakal nemenin kita melewati masa lajang liburan yang hampa, ditambah abis operasi zebra dan Bandung kena banjir juga. Entah film anak kecil, anak kecilnya punya temen binatang, binatangnya bisa ngomong tapi gak bisa ngungkapin perasaannya dan akhirnya binatangnya cuma dianggep teman biasa, film animasi, box office yang udah lama banget, atau film bioskop yang gak mutu (lagak lu kayak bisa bikin film sendiri aja, sih) dan film yang tiap tahun ditanyangin itu-itu aja. Selain nontongin film-film, biasanya juga secara gak sengaja kita (entah apa cuma gue doang) juga nongton acara Misa Natal, atau perayaan prosesi Natal yang ditanyangin di tipi. Dengan alih “Iseng aja pengen tahu ngapain aja sih mereka”. Hayo pada ngaku lo?! Oiya, abis itu biasanya nongton acara gosip artis-artis yang lagi ngerayain Natal. Iye kan? Udah lah gue juga tau. Gue juga gitu kok.

3. Googling
Sekepo-keponya orang kepo yang lagi ngekepoin orang, gak sekepo orang yang guggling nyari tau segala macam hal yang menyangkut tentang suatu hal yang diangkutnya dalam suatu hal yang perlu disangkut pautkan kepada suatu hal yang memang perlu di kepoin orang kepo...... dan berlanjut sampe kiamat. Seperti segelibetnya penjelasan gue tadi, ada aja orang non kristen yang nyari tahu segala macem hal tentang Natal. Orang macem ni biasanya punya keingintahuan yang besar, padahal sekarang tahu juga bisa di beli online, udah ada ekstraknya lagi. Gak cukup cuma melototin tv doang, mereka rela ngorbanin kuota paket midnight cuma buat nyari tau tentang Natal ini. Seperti kegelisahannya mencari tahu apa lagu lain yang MAGIC! punya selain Rude dan sakitnya dimana lagi selain disininya Cita Mang Tata.

4. Belanja
Liburan ya belanja. Pusat perbelanjaan demen banget ngasih diskon, sale sampe sale pisang di triple moment (yasumi, Cristmast, new year). Ya yang begini-begini nih pasti di buru sama ibu-ibu cantik, cewek-cewek rempong atau cowok metroplotan mau pemotretan buku tahunan. Itu sih bagi yang kiyeng desek-desakan, tahan betis tujuh turunan dan tampang yang punya uang.

5. Tidur.
Gak peduli berapa besar hari itu, seberapa penting perayaan itu, pasti ada aja orang yang serta merta menenggelamkan pikirannya dalam balutan kelopak mata dan membiarkan otaknya iistirahat tanpa berpikir panjang apa yang harus dilakuin orang atau agama lain ketika hari Natal tersebut. Intinya, yang lain ngapain aja, gue tidur seenaknya. Selese urusan.


Mungkin itu aja sih hasil survei (yang kenyataannya adalah diri gue sendiri) yang gue dapet. Apapun yang lo lakuin di hari rayanya orang lain, ikut damainya aja, jangan sampe lu ngeganggu pihak yang bersangkutan. Apalagi sampe ngerusak acara, bikin teror cabe-cabean minta pulsa atau hal bodoh lainnya yang ngerugiin banyak orang. Pokoknya hidup tuh yang adem ayem aja kayak eek kebo. Ijo, lembek dan mau digimanain juga tetep bau.  Kalo lo gak mau bau, ya usaha yang bener biar lo gak bau. Atau jadi diri sendiri dan tunjukin ke orang-orang kalo lo bau dan lo bangga akan hal itu. Entah nyambungnya dari mana, yakini apa yang lo yakini aja. #ciegitu 

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images