Bench Marking 2014 #SASI2015 Day 3 : Kisah yang panjang (draft)

09.47

Kita nyampe pelabuhan Ketapang jam 02.00 pagi dan harus nyebrang ke Gilimanuk pake kapal feri. Otomatis suasana pelabuhan kerasa sepi, yang ngeramein cuma lampu-kuning-remang-remang-tempat-kumpul-cabe-cabean-penerang-jalan-doang. Waktu transit dan naik kapal, ternyata gak sesepi waktu di pelabuhan. Disini rame sama orang-orang yang mau nyebrang juga. Abis antri masuk dan nyari tempat duduk, kita di sambut kembali dengan lagu dangdut dj koplo freak maksa dari toko kaset mini di dalem kapal yang memekakan telinga. Ngebuat semua penumpang hilang hasrat buat ngantuk lagi. Itu jam 2 pagi, kita dipaksa dangdutan. Seketika gue langsung rungsing.
 
Belum selesai kerungsingan itu ilang, ada lagi yang bikin makin rungsing. Kirain gue yang dagang di kapal cuma toko kaset sama warung makanan aja, tapi lo tau apa? Ternyata di dalem kapal ada yang jualan kacamata dan ada tukang pijet keliling juga. Ini pedagang yang anti mainstream. Tengah malem mau ke shubuh masih nyari nafkah juga. Awesome! 

Setelah keliling-keliling nawarin dagangannya, akhirnya tukang kacamata tadi mampir juga ke tempat duduk gue. Secara sepihak dia langsung nawarin: “Mau kacamata anti panas gak de?” Gue cuma bales dengan mengkerutkan dahi. "Ini bisa di pake buat di pantai Kuta, biar gak silau” Lanjut mamang-mamang tadi. Kirain gue anti panas itu artinya bisa nolak demam atau semacam bisa memantulkan sinar matahari ke pantat bule-bule yang cuma pake celana dalem doang. Ternyata bukan, yaudah gue gak jadi beli.

Gue bersyukur karena cuma tukang kacamata yang nyamperin gue, bukan tukang PHP-PHP yang lain. Harish ternyata tertarik sama jasa pijet yang ditawarin di tukang pijet keliling tadi. Ya gapapa sih, gak masalah juga. Fyi aja. Hak dia juga, siapalah aku ini yang sudah memberitahukan kepada khalayak ramai tentang apa yang terjadi pada dirinya sendiri.

Beberapa menit bingung mau ngapain, akhirnya gue iseng-iseng menatap nanar ke luar dari sisi pagar pembatas kapal, ngeliatin laut yang airnya item bukan karena cumi lagi pada ee masal tapi karena langit tengah malam dan ombak yang lumayan stabil sambil jaga-jaga barangkali tiba-tiba keluar kaiju, bisa langsung gue lempar pake power bank. *fotodikapal* Dan ternyata udah ada yang memalingkan muka duluan sebelum gue *fotoindah* *rifki* *belinda*

Tiga puluh menit perjalanan, kita udah di Pelabuhan Gilimanuk. Nuansa Bali udah mulai kerasa disini, walaupun belum ada bule yang seliweran pake bikini, tapi patung-patung selamat dating datang khas Bali udah setia nyambut kita para pendatang yang gak bisa move on dari mantan dan gebetan. Dan takdir harus menyatukan pantat kita kembali dengan jok bus. Ya kita naik bus lagi buat nyampe ke Tanah Lot, tujuan pertama di pulau asal ogoh-ogoh ini.

Gue kira dari Gilimanuk ke Denpasar itu deket, ya se Balongan – Pekandangan lah. Eh ternyata engga, sama sekali. Gue lupa kalo Bali itu pulau, bukan kabupaten atau kota madya, apalagi Nadya Galunggung. Pokoknya gitu lah, jauh, malesin. Lebih males Indramayu sih, utek-utek SC doang. “Lah lu kan orang Indramayu?” Kata siapa? Gue orang aring.

Kita nyampe Tanah Lot jam 8 pagian, waktu matahari lagi nyengir-nyengir gak jelas mamerin panasnya. Kirain gue kita udah tiba di hotel atau penginapan buat numpang tidur selama di Bali, dan ternyata gue salah lagi. Terlalu cepat menyimpulkan itu gak baik, gaes. Yang baik itu ngasih makanan ke anak kost, itu termasuk pahala zakat. Karena 2,5% uang kalian adalah uang anak kost. Percayalah. Ini sabda terbaru, dari........................................gue.

Badan udah lengket, muka kusem, otak mesum, mulut cocin persis ikan baru diambil dari perahu tongkang, amis. Kita butuh mandi, karena ini bukan di penginapan otomatis kita mandi di..... dimana pembaca? *sodorin keyboard* apaaaahhhhhhh? Kita mandi dimanaaaaaaaaahhhhh? Iya kamu bener, iya kamuuu. Di tempat pemandian umum. Gausah tepuk tangan.

Ini agak memalukan ya, okelah beberapa hari kemaren kita emang mandi di kamar mandi masjid atau numpang ganti baju di kamar kecil restoran. Itu gapapa. Tapi ini? Kita udah di Bali? Masa pertama kali mandi di Bali di tempat pemandian umum? Yaelah Sist. Mau check Path juga gimana, da gue mah gak punya akun Path. Aduh biyung kumaha geuning urang teh ciga gembel timana timana atuh timanaaaaa~

Yaudahlah ya, gue terpaksa ikutan ngantri. Udah mah, tempat mandinya gak dibedain buat cewek atau cowoknya. Namanya juga tempat pemandian umum, ya umum boy. Udah selesai membersihkan daki, kita jalan sebentar buat ke tempat sarapan. Tempat makannya juga unik, jadi kita masuk pusat pembelajaan dulu gitu, baru di bagian belakang TPA ada tempat buat makannya. Semacam intrik buat belanja dulu sebelum makan. Dasar licik. #LAH

Perut udah kenyang, kita siap buat hangout hari pertama di Bali. JADI DARI TADI TEH BARU DI MULAI CERITA DI TEMPAT WISATANYA, SIH? Kalem sih, jomblo mah bebas. Iya gitu, kita harus jalan lagi buat ke Tanah Lot yang sebenernya. Nah, sepanjang perjalanan itu (sebenernya gak panjang-panjang banget sih jalannya, mungkin punya lo aja yang panjang), gue ketemu banyak turis orang Chinese alias cici-cici dan kokoh-kokoh mirip tukang jual hape atau toko kelontong. Emang sih putih-putih,  tapi agak kerempeng, suaranya gede-gede, aksennya gak jelas lagi. Volume suaranya udah ngalahin orang sunda Parean di desa gue. Kalo nyoba di ketik jadinya kayak gini: “NIHAU  NI HAJDNSJKBHOYFG8OWEGFJHDSBCHDBC YO?” Kurang lebih seperti itu.

Puas ngetawain ciko (cina kopl*k), gue ngeliat souvenir-souvenir yang dijajahin di pinggir jalan. Sampe gue terperanjat saat ngeliat: *foto gantungan kunci anu*. Ini gue yang salah liat apa emang beneran bentuk itunya cowok? Antara mau ngakak, geli, jijik dan penasaran pengen megang. Itu saking terinspirasinya, atau begimana sih sampe di buat souvenir gitu? Ya gantungan kunci lah, pembuka botol lah. Eh, emang beneran ya ada yang sampe segede itu? Astagfirullah, gue makin penasaran dan pengen beli.

Mari lupakan sejenak timun-timunnya cowok itu. Lebih baik kita memandang kuil di tengah lautan yang luas, agar kita dapat ngambang dan melamunkan kembali kenapa souvenir itu dapat di buat. Bagaimana si tukang pahatnya mengukur barang-barang tersebut dengan barangnya sendiri? WOY UDAH UDAH, NYEBUT SIH NYEBUT. BUT... BUT.. BUT... Daripada otak lu makin mesum mending kita lihat foto-foto berikut ini. *foto tanah lot* oiya fyi aja, Tanah Lot itu tanahnya bukan cuma alot tapi keras juga.

Capek ngeliatin barang-barang cowok Tanah Lot dan souvenir absurd di sekitarnya, kita melanjutkan wisata ke Tanjung Benoa. Sebelumnya kita diajak ngelewatin jalan tol di atas laut pertama di Indonesia dulu. Kebayang gak sih lo kalo jadi ikan di bawahnya gimana? Kalo lagi jalan-jalan atau lagi renang gaya punggung pasti sering ke pentok beton. Belum lagi kalo lagi malem mingguan, beuh pasti pulang-pulang jidat pada jontor tuh. I feel you, Kan. Ini sedikit videonya penampakan. Selamat mendengarkan tour guide. *video tol*

Agak ngantuk juga sih denger penjelasan Bli Wayan dan ngeliatin aspal-aspal beton sepanjang tol, dengan sisa mata yang merem melek akhirnya kita nyampe di Tanjung Benoa. Kita suruh milih, antara ke pulau penyu atau main wisata air (jet sky, banana boat, dll). Karena duit gak mau habis di hari pertama, kita lebih milih ke pulau penyu yang budgetnya lebih manusiawi. Cus lah kita naik perahu ke pulau penyu. Di perjalanan...... harusnya di part ini ada video hello-dadah-dadah-pamer-dada-ke-kamera gitu. Lagi-lagi masalah koneksi pemirsah. Gomennasaiiiiiii~

Sekitar 10 menitan, sampelah di pulau penyu kita langsung di sambut penyu-penyu berbagai ukuran yang tak berdosa yang ada di bak terbuka gitu, atau ada yang di balong atau sejenis empang gitu buat tempat penyu yang agak gede. Ya cuma manusia-manusia yang tidak sadar akan kandungan lemaknya aja yang malah dudukin atau ngangkat-ngangkat pake dua tangan sok kuat. “Kamu pikir aku kursi puskesmas yang bisa di dudukin seenanknya? Atau kamu kira aku burungnya Daus Mini yang bisa kami angkat-angkat? HAH?!” kata penyu dalam batin.

Selain penyu, ada jenis hewan ciptaan Tuhan lain disini. Kayak ular, burung bowo beo. Sayangnya gue gak ngefotoin semuanya, soalnya di rumaha da banyak. Gambarnya. Dan ada makhluk yang tidak terdeteksi tapi sangat mencolok di air, ngambang-ngambang gimana gitu. Gue gak tau ini dari genus atau spesies apa. Ini bukan kotoran loh, tapi ini salah satu ciptaan Tuhan yang harus kita syukuri kalo udah ngeliatnya secara langsung. *foto ngambang*

Udah puas ngegrepe-grepe penyu, kita balik lagi ke Tanjung Benoa. Sambil nunggu panggilan buat makan siang, gak lengkap rasanya kalo gak nulis-nulis di pasir. *foto jalan2men*
Sampe ada panggilan, kita digiring kembali buat makan siang di bus, sekalian otw ke GWS eh GWK. Waktu pertama kali buka lunch box, gue excited banget sama lauknya. Ini adalah lauk yang paling bikin gue ngiler kalo lagi liat liputan acara jelong-jelong di Bali dan sekarang ada di depan gue dan bentar lagi gue makan, masuk mulut, di kunyah, dirasain dan di telen, pelan-pelan, otomatis. Terima kasih Tuhan salah satu impian jomblo masih bisa terkabulkan. *foto sate lilit*

Taraaa kita sudah sampe GWS ih GWK.*foto iim* Fyi aja, GWK alias Garuda Wisnu Kencana adalah tempat wisata yang luasnya segaban-gaban yang mamerin patung-patung yang belum jadi alias masih sisa-sias mutilasi. *foto-foot potongan badan gwk* Belum jadi aja udah dipamer-pamerin, gimana udah jadi? Gitu tuh Indonesia, ini semua pasti akibat inflasi yang terus meningkat sehingga rakyat di butakan oleh organisaai-organisasi siti nur arsih. #LOH. Saking luasnya segaban-gaban, kita buat nyampe ke patung yang cuma ada kelapa sama dada Dewa Wisnu aja harus naikin tangga. Berapa? Ratusaaaaaannnn~ Belum lagi ke bagian tubuh yang lain, tangan dimana, kaki dimana. Ini kalo beneran ada orang yang kayak gini, kalo meninggal kasian tukang gali kuburnya. Mati duluan sebelum sempet nguburin jenazah tuh dewa. Mana ada patung garuda yang jadi kendaraan si dewanya lagi. Tau dah, cape sendiri ngebayanginnya.

Di GWK juga ada Garuda plaza juga, iya tempat buat majang kepala garuda yang gue bilang tadi. Nah itu tempatnya turun puluhan tangga dulu dari patung kepala sama dada tadi, ketika lu turun puluhan tangga di bawahnya lagi. Maka lu bakal ngeliat deretan rumput luas yang di sekat-sekat sama tebing-tebing besar dipinggir-pinggirnya. *foto tebing*Pokoknya kayak latar film Bollywood-lah. Lo bisa lari-lari, joget-joget plus India-indiaan lainnya. Dan gue lebih memilih buat gleprokan di rumputnya itu. Sumpah kaki gue capek banget naik turun tangga, belum lagi betis gue yang seakan berkata “KAMU PUAS YA NYAKITIN AKUH?”

Pengkor ngelilingin kawasan kampret GWK yang segede blodag, kita balik lagi ke bus dan otw check in ke hotel. Semua peserta bench marking kali ini pasti akan berujar dalam hati “AKHIRNYAAAAAA SELONJOR JUGAAAAAAA”, gue yakin itu. Waktu nyampe depan hotel yang ternyata motel yang ternyata lagi punya tempat parkir secimit banget, sampe orang yang lagi mojok di ujung gang juga harus minggir dulu, udah mah masuk gang lagi. Jadilah kita menguasai jalan raya detik itu, motor dan mobil rela brentri, ngantri dan macet sampe hampir 15 meter di belakang kita demi nungguin kita masuk gang buat parkir. Gue mulai suka Bali dengan cara kayak gini. *ini penampakannya*

Setelah berusaha parkir dengan sekuat eden-an tenaga bus, kabin samping bus di gebrak-gebrak sama tukang nasi goreng pinggir jalan karena nyenggol penggorengannya, akhirnya kita masuk parkiran MOTEL juga. Abis ngambilin barang dan ngambil kunci, kita nuju kamar masing-masing. Kampretnya lagi kamar gue dan 3 temen gue ada di paling atas. TELEPORT MANA TELEPORT!!!!!!

Buka pintu kamar dan langsung nemplok di kasur #bahagiaitusederhana. Setelah beberapa saat kita jadi panda bengong karena kecapean, tour guide udah berek-berek lagi aja nyuruh makan. Bersyukur sih masih ada yang ngingetin makan, dari pada kamu yang sibuk sama kuda laut tiongkok betina itu. Abis gantian mandi dan ‘sedikit’ beres-beres barang-barang, akhirnya kita sutun dinner. Malem ini dan malem2 berikutnya adalah dinner paling mulutsiawi, karena gak bakal suruh makan di bus dan di buru waktu lagi. Dan sayangnya makannayannya bukan sate walikelas lagi. Padahal gue amsih pengen.

Selese dinner bukannya ngantuk, kita malah insom. Gak mau buang-buang waktu, kita keliling kamar buat malakin makanan, ngeberantakin bra-ng-bra-ng atau ngajakin mainan ;sesuatu;. Dan kita memutuskan memainkan sesuatu itu yaitu main uno di depan kamar gue. Baru setengah permainan, huajn turun dengan gembiranya. Menangis terharu menyambut kedua kalinya kedatangan kita. Bali, aku terharu. Dan malam pertama di BALI, hari ketiga bench marking ini di tutup dengan sok-sokan berani nongton masih dunia lain di kamar dan malemnya gue kedinginan (lagi).

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images